»» SolidTrustPay Wajib Bagi Anda Pebisnis Online ««


»» SolidTrustPay must for your online business ««

▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
»» WELCOME to DOFOLLOW BLOGs "17 January 2012"««
»» Computer & Software Technology Sharing Information««
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
  • Bahan Makanan Penderita Asam Urat (gout)

    Di dalam setiap tubuh manusia pasti terdapat asam urat (gout). Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme purin. Keberadaan asam urat di dalam tubuh sejatinya tidak bermasalah. Namun, menjadi hal yang menakutkan apabila kadar asam urat dalam darah meningkat. Mengapa kadar asam urat dalam darah bisa meningkat hingga melebihi batas normal? Ada beberapa penyebab, yaitu adanya peningkatan produksi asam urat secara alami akibat fungsi tubuh menurun, pembuangannya melalui ginjal terhambat, atau asupan makanan mengandung purin yang berlebihan.

    Sayangi diri sendiri dan anggota keluarga lainnya dengan menyajikan makanan sehat dan bergizi seimbang

    Karena salah satu pencetus penyakit ini adalah asupan makanan, otomatis mengatur pola makan yang sehat dan bergizi seimbang merupakan cara paling tepat untuk mencegah dan mengatasinya. Buku yang ditulis oleh seorang ahli gizi ini akan membantu Anda menyusun menu sehari-hari yang sehat dan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam urat. Penyusunan menu disajikan lengkap dengan resep-resep makanan untuk makan pagi, makan siang, dan makan malam. Selain itu, dibahas juga berbagai jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, serta berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam urat.

    Bagi Anda yang belum mengidap penyakit asam urat mungkin belum bisa membayangkan rasa sakitnya. Asam urat sangat menyiksa penderita, yaitu dengan rasa ngilu dan sakit yang luar biasa di persendian, lutut, kaki atau tangan.

    Penyakit asam urat di antaranya disebabkan oleh asupan makanan yang mengandung purin berlebihan. Untuk mencegah munculnya serangan serta mengembalikan dan menjaga kadar asam urat, diperlukan pengaturan pola makan yang tepat.

    Diet untuk penderita asam urat adalah diet rendah purin, cukup vitamin, dan mineral. Diet rendah purin diberikan kepada pasien dengan kadar asam urat > 7.5 mg/dl. Tujuannya untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urine.

    Diet ini diberikan hingga kadar asam urat di dalam darah normal (< 7.5 mg/dl). Diet rendah purin terdiri atas dua jenis, yaitu diet rendah purin I (1.500 kkal) dan diet rendah purin II (1.700 kkal). Jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan energi masing-masing penderita berdasarkan berat dan tinggi badan, usia, serta aktivitas. Terdapat tiga kelompok bahan makanan berdasarkan kadar purin dan anjuran mengonsumsi.

    Kelompok I
    Bahan makanan yang harus dihindari karena mengandung 100-—1.000 mg purin per 100 gram bahan makanan. Misalnya otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, kaldu, bebek, sarden, kornet, makarel, kerang, remis, alkohol, bir, tape, dan durian.

    Kelompok II
    Bahan makanan yang dibatasi untuk dikonsumsi karena mengandung 10—-99 mg purin per 100 gram bahan makanan. Misalnya, daging sapi, ayam, ikan (kecuali yang terdapat di kelompok I), dan udang. Maksimum 50—75 gram atau 1—1½ potong per hari.

    Selain itu, bahan makanan lain yang harus dibatasi adalah bayam, asparagus, kembang kol, brokoli, daun singkong, kangkung, serta daun dan biji melinjo. Maksimum 100 gram atau satu mangkuk per hari. Perhatikan juga konsumsi kacang-kacangan dan hasil olahannya, seperti tahu dan tempe. Maksimum 1—1½ potong per hari.

    Kelompok III
    Bahan makanan yang bebas dikonsumsi. Misalnya, nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mi, bihun, tepung beras, cake, kue kering, puding, susu, keju, telur, minyak, dan gula. Buah dan sayur seperti sawi, wortel, kemangi, mentimun, oyong, labu siam, dan kacang panjang juga bebas dikonsumsi.

    Buatlah menu-menu masakan Anda berdasarkan kelompok di atas. Menu ini merupakan menu sehat bagi penderita dan pencegahan asam urat. Resep-resep ini bisa Anda dapatkan di buku Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Asam Urat karya Lina Ningdyar, SST Gizi.

    Buku terbitan AgroMedia ini menyajikan resep-resepnya secara mudah. Anda bisa membuat variasi makanan sehat bebas asam urat selama 30 hari. Formula resepnya menggunakan bahan-bahan yang sehat dari risiko asam urat. Ada 180 resep masakan yang bisa Anda buat yang meliputi makan pagi, makan siang, dan makan malam.

    Cek Labor
    Lakukan cek darah di laboratorium rumah sakit yang dirujuk oleh dokter, untuk mengetahui kada asam urat angka normal asam urat adalah 0-7 mg/dl.

    Selamat menjalani hidup sehat!

    Sumber: http://agromedia.net/Artikel/menu-sehat-penderita-asam-urat.html

    Penting Menurut Anda ? Bantu Sebarkan ...
    • [i]
    TambelanBlog subscribe for FREE:
    If this is your first visit in TambelanBlog and you want to get updates for free tips, cheap without spending any money through this blog for free each week, please subscribe to the articles TambelanBlog via email your subscription simply fill out the form below. Good luck and happy blogging!

    Enter Your Email Here:

    Delivered by FeedBurner

    If this usefull please Visit to TambelanBlog on Facebook

2 komentar:

  1. Unknown says:

    Saya penderita asam urat dan sangat nyiksa banget kalo duduk bersila lama2
    postingan anda bermanfaat banget, akhirnya saya tau makanan apa yang mesti saya hindari. But??!! Duren !!
    Oh No.... okelah say goodbye ja ma duren demi kesehatan :D

    Thx informasi anda bermanfaat

  1. Unknown says:

    Visit from indonesian........

    cintagame.com

Leave a Reply

Penting Menurut Anda ? Bantu Sebarkan ...
  • Share
  • [i]
Warning :
This articles is the property of http://www.tambelanblog.com
Copying and publishing any articles from our site to your websites is strictly NOT allowed


Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

#################################################


.::Latest Comments

Recent Comments Widget

.::Search On This Blog

.::About us : Do Follow Blog !!

TambelanBlog, Care to Shared Do Follow Blog

.::Media

.::Translate This Page

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

.::Subscribe Now For Free

Our Readers

Your email here

Received Update for FREE:

Delivered by FeedBurner

.::Be My Circles

.::Popular Post by Readers

.::Follower to be Followed!

.::First Class Exchange Link!